You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Kamasan

Kec. Banjaran, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
Info
BAKTI WIBAWA MUKTI

Hasil Rekap IDM 2020 Status Desa Kamasan adalah Desa Maju


Data IDM Tahun 2020, Desa Kamasan Kec. Banjaran Kab. Bandung di Status Desa Maju

 

Update data Indeks Desa Membangun (IDM) menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap desa, karena IDM tersebut merupakan bahan pendukung perhitungan pagu Alokasi Afirmasi dan Alokasi Kinerja Desa oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia, maka. Indeks Desa Membangun merupakan gambaran perkembangan Desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa, dengan Program Dana Desa yang merupakan tugas Perbantuan yang diterima Pemerintah Desa dari Pemerintah Pusat sebagai sarana pendungnya. Indeks Desa Membangun mengarahkan ketepatan intervensi dalam kebijakan dengan korelasi intervensi pembangunan yang tepat dari Pemerintah sesuai dengan partisipasi masyarakat yang berkorelasi dengan karakteristik wilayah Desa yaitu tipologi dan modal sosial.

Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan (IKL).

Indikator yang dikembangkan dalam Indeks Desa Membangun dikembangkan berdasarkan konsepsi “bahwa untuk menuju Desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan Desa untuk mensejahterakan kehidupan Desa”.

Maka Kebijakan dan Kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa harus menghasilkan pemerataan dan keadilan, didasari dan memperkuat nilai-nilai lokal dan budaya, serta ramah lingkungan dengan mengelola potensi Desa secara baik dan berkelanjutan. Dalam konteks ini ketahanan sosial, ekonomi, dan ekologi bekerja sebagai dimensi yang memperkuat gerak proses dan pencapaian tujuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa. (http://idm.kemendesa.go.id/)

Desa Kamasan Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung telah melaksanakan kegiatan update IDM Tahun 2020 dengan Status Desa Maju hal ini cenderung stagnan dengan hasil update data IDM tahun 2019 lalu berstatus Desa Maju. Status Desa Maju tahun ini diperoleh dari nilai IDM 0,0,7578 yang merupakan akumulasi nilai Indeks Ketahanan Sosial (IKS) 0,8400, nilai Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) 0,8333 serta nilai Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL) 0,6000. (sumber data : http://idm.kemendesa.go.id/)

Bagikan artikel ini:
Komentar