You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Kamasan
Desa Kamasan

Kec. Banjaran, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Kerja Bhakti bersih bersih Sungai Oleh Warga Masyarakat Desa Kamasan

15 Oktober 2018 Dibaca 557 Kali
Kerja Bhakti bersih bersih Sungai Oleh Warga Masyarakat Desa Kamasan

Sungai adalah salah satu Sumber Daya Alam yang dimiliki Desa Kamasan, dahulu warga masyarakat Desa Kamasan mempergunakan Air Sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, baik untuk mandi, mencuci pakaian atau peralatan masak dan makan dan juga sumber air minum. Namun disaat sekarang hal tersebut hanyalah menjadi Kenangan yang tak terlupakan bagi warga masyarakat Desa Kamasan, Desa Kamasan tercatat sebagai daerah rawan bancana rutinan tahunan yaitu Banjir yang diakibatkan dari meluapnya Air Sungai Cisangkuy di RW. 03 & 04, 05 & 06 dan beberapa anak Sungainya yakni Cibatur di RW. 08, 09 & 10, Cisela di RW. 05 , 07 & 08 serta Cilembang di RW. 06 & 05.

Pada tahun 1980n tercatat  permasalahan Banjir hanyalah terjadi di RW. 01 karena luapan Air Cijenkol yang merupakan ciri batas alam antara Desa Kamasan denga Desa Banjaran Kulon (Banjaran Kota), namun dalam upayanya oleh warga dan pemerintah sungai tersebut dikurangi debit airnya dan dialihkan sebagian aliran airnya ke sungai Cibatur di Kp. Ciranem Rw. 10 Desa Kamasan, dan hal tersebut berdampak baik sehingga luapan sungai tersebut (Cijengkol) tidaklah sampai ke pemukiman warga pada saat ini.

Dalam upayanya Warga Masyarakat bersama-sama dalam kegiatan Kerja Bhakti membersihkan dan memperbaiki aliran Air Sungai dengan harapan dapat meminimalisir dampak Bencana Banjir yang kerap terjadi dan menjadi permasalahan utama di Desa Kamasan Kec. Banjaran. Dengan Kegiatan tersebut warga berharap dapat mengebalikan fungsi dari pada Sungai sebagai Sumber Daya Alam yang patut dilestarikan dan dijaga kebersihannya.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image